15 Plugin Photoshop Gratis Untuk Desain UI

plugin photoshop

15 Plugin Photoshop Gratis Untuk Desain UI – Walaupun Adobe Photoshop adalah software yang lebih familiar dalam editing dan pengolahan citra/gambar, tetapi banyak desainer antar muka atau User Interface (UI) yang menggunakan software tersebut untuk kebutuhan pekerjaan mereka. Seiring perkembangannya (hingga versi Creative Cloud), Adobe company terus mengembangkan fitur-fitur Adobe Photoshop untuk menunjang kebutuhan desain UI baik website maupun mobile application.

Seiring besarnya kebutuhan tersebut, banyak programmer yang menciptakan plugin-plugin yang membantu kerja desainer UI lebih cepat dan efisien.

15 Plugin Photoshop Gratis Untuk Desain UI

Berikut beberapa Plugin gratis yang sangat bermanfaat dalam mendesain tampilan antar muka (UI) website maupun aplikasi mobile :

1. CSS3Ps

CSS3Ps adalah Plugin untuk Adobe Photoshop yang berbasis cloud yang berguna untuk mengubah setiap layer desain Anda menjadi kode CSS3. Karena berbasis cloud maka untuk urusan update Plugin dan perbaikan bug sangat transparan sekali. Tidak perlu proses unduh Plugin berkali-kali untuk mendapatkan fitur-fitur terbaru dari Plugin ini.

2. skeuomorphism it

Flat desain menjadi trend dan booming sekarang. Ingin mengubah tampilan desain UI Anda yang masih berbau skeuomorphism ala Scott Forstall menjadi Flat? gunakan Plugin ini dan klik, Voila! desain UI Anda menjadi trend sekarang :).

3. Cut&Slice Me

Dalam proses developing sebuah website maupun mobile application. Tentu dibutuhkan setiap elemen logo, icon, gambar dan lain-lain dari sebuah desain UI yang disebut dengan Assets. Nah untuk menghasilkan Assets, seorang desainer UI harus memotong-motong setiap bagian elemen tersebut. Plugin Cut&Slice Me membantu untuk mempercepat proses pemotongan Assets menjadi lebih cepat dan efsien.

4. RefillReadr

Plugin RefillReadr berguna untuk mengambil sebagian atau satu utuh sebuah desain UI yang sebelumnya sudah disiapkan dengan menggunakan PixelDropr. Anda cukup drag dan drop saja untuk memindahkan sebuah desain UI dari RefillReadr library ke kanvas Adobe Photoshop Anda.

Baca Juga :  15 Website Keren Untuk Mengunduh File Desain User Interface (Bagian 3)

4. GuideGuide

GuideGuide membantu untuk membuat garis bantu (guideline) lebih presisi. Sangat mudah untuk mengatur jumlah kolom, baris, midpoints dan baselines secara lebih akurat.

5. SocialKit

SocialKit menyediakan empat template social media yang terkenal (Facebok, Twitter, Google+ dan YouTube). Keempat template tersebut bisa dikostumisasi secara maksimal dan sudah siap dipotong untuk menjadi Assets.

6. LessHat

Plugin dari madebysource ini berguna untuk mengintip kode Less dari sebuah desain UI terutama website. LessHat sudah terintegrasi dengan Plugin premium lainnya dari madebysouce yaitu CSSHat.

7. Layrs Control

Layrs Control adalah Plugin yang membantu mengorganisir dan mengoptimalkan layer-layer pada sebuah desain UI. Layrs Control memiliki lima fitur utama yaitu Layer Name Editor, Remove Unused Layer Effects, Flatten All Layers Effect, Delete Empty Layers and Rasterize Smart Objects.

8. BlendMe in

BlendMe in adalah Plugin yang dibuat untuk Adobe Photoshop dan Illustrator. BlendMe in memberikan akses kepada ribuan Assets termasuk icon packs yang bisa Anda gunakan dalam desain. Semua Assets dibawah lisensi Creative Commons Attribution yang bisa Anda gunakan untuk project personal maupun komersil.

9. Renderly

Renderly akan secara otomatis meng-exports Screens, Assets dan detail specs dari sebuah desain UI lebih rapi dan mempermudah proses pra-development untuk project website dan mobile application.

10. Composer

Composer memberikan kemudahan untuk men-update Layer Comps di Adobe Photoshop hanya dengan satu klik saja. Sangat menghemat banyak waktu Anda yang akan merasa kerepotan untuk mengatur ulang setiap perubahan layer pada Layer Comps.

12. WebFont Plugin

Tampilan Font dalam kanvas Adobe Photoshop dan dalam wujud website yang sudah aktif akan terlihat sedikit berbeda. WebFont Plugin membantu menayangkan tampilan Font ketika menjadi website yang aktif di dalam kanvas Adobe Photoshop.

Baca Juga :  15 Website Keren Untuk Mengunduh File Desain User Interface (Bagian 1)

13. Breeezy

Breeezy menyuguhkan fitur multilayer export yang akan mempercepat proses persiapan Assets untuk sebuah website maupun mobile application.

14. Save Panel

SavePanel membantu mengoptimalkan penyimpanan file desain. Anda dapat mengatur destination folder filenya, ukuran gambar dan tipe file maupun namanya.

15. Flaticon

Plugin Flaticon memberikan Anda akses ke puluah ribu vector icons gratis yang bisa diunduh dalam berbagai format tipe, seperti SVG, PSD dan PNG.

Bagaimana dengan Anda? apakah ada beberapa Plugin yang sudah anda coba? atau memiliki referensi Plugin lainnya? mari budayakan berbagi dengan menyalurkannya melalui kolom komentar di bawah ini :).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *