Akronim atau Singkatan Munaslub dan Beberapa Contohnya

Akronim atau Singkatan Munaslub dan Beberapa Contohnya – Munaslub merupakan singkatan dari musyawarah nasional luar biasa dan akronim tersebut tercatat dalam KBBI daring. Istilah munaslub seringkali dikaitkan dengan dunia politik misalnya aktivitas partai. Beberapa contohnya adalah pada judul berita berikut ini:

  • Buka Munaslub, Jokowi sebut banyak grup besar di Golkar (Merdeka, 18/12/2017)
  • Puja Puji Airlangga untuk Jokowi dan PDIP di Munaslub Golkar (Detik, 19/12/2017)
  • Priyo “Ngotot” Maju Jadi Calon Ketum di Munaslub Golkar (Kompas, 18/12/2017)
  • Kader: Munaslub Golkar Harus Dikaji Mendalam (Republika, 27/11/2017)
  • Idrus Marham Pastikan tak Ada Munaslub Golkar (Pikiran Rakyat, 26/4/2017)

Contoh-contoh diatas kebanyakan dari munaslub partai Golkar karena memang bulan ini Golkar menjadi sorotan karena terkait kasus ketua Golkar, Setya Novanto yang sedang bermasalah dengan hukum.

Tujuan Munaslub

Lalu, sebenarnya apa tujuan dari munaslub tersebut? Secara umum, kalau saya baca dari agenda yang dilakukan oleh partai Golkar, munaslub biasanya adalah bertujuan untuk penetapan ketua umum terpilih hingga pengukuhan. Selain itu tentu saja adanya penetapan lainya misalnya ketua dewan pembina, ketua dewan kehormatan, ketua dewan pakar, dan mahkamah partai. Disisi juga adanya penetapan seperti Anggaran Dasar Anggaran Rumah Tangga (ADART). Munaslub ini bisa dikatakan terjadi karena adanya pergantian pimpinan partai dan agenda baru yang direncanakan untuk masa yang akan datang.

Referensi
https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/munaslub

Baca Juga :  Pengertian Elektabilitas dan Contohnya