Apa Itu Bitcoin? Berikut Penjelasan dan Cara Kerjanya

Apa Itu Bitcoin? Berikut Penjelasan dan Cara Kerjanya

Penjelasan dan Cara Kerja Bitcoin – Akhir-akhir ini banyak orang yang membicarakan bitcoin, bagi orang awam kemungkinan ada yang belum mengenal atau bahkan belum mengetahui cara kerjanya. Bitcoin memang sering menjadi perbincangan di kalangan anak muda ataupun orang dewasa. Banyak opini yang mengatakan bahwa bitcoin adalah cara untuk investasi di masa depan.

Tapi apakah benar pernyataannya seperti itu? Di kalangan millennial, bitcoin tentu saja sudah tidak asing di telinga banyak orang. Pengguna smartphone android saat ini juga semakin banyak. Mereka selalu mengetahui perkembangan teknologi digital seiring berjalannya waktu.

Bitcoin atau cryptocurrency adalah mata uang kripto pertama yang saat ini sangat populer. Harganya selalu naik dari tahun ke tahun membuat bitcoin dijadikan sebagai aset digital. Bitcoin banyak di buru oleh orang banyak. Sekarang ini banyak kalangan yang memilih bitcoin sebagai salah satu aset digitalnya.

Jika anda ingin memahami, mengenali dan mengetahui lebih banyak tentang bitcoin. Disini kami akan berbagi penjelasan dan cara kerja bitcoin itu sendiri. Sehingga anda bisa memahaminya dengan mudah. Berikut ini dibawah ini adalah penjelasan seputar bitcoin menurut prayoga.id.

Pengertian Bitcoin

Bitcoin merupakan mata uang digital yang terdesentralisasi dibuat pada tahun 2009. Penemuan bitcoin adalah mengikuti gagasan yang telah ditetapkan di dalam kertas putih olej Satoshi Nakamoto ( nama alias ). Selain itu, bitcoin menawarkan janji biaya transaksi yang jauh lebih rendah dibandingkan mekanisme pembayaran online tradisional. Jadi, tidak seperti mata uang yang dikeluarkan oleh bank sentral.

Bitcoin selalu di operasikan oleh otoritas yang sudah terdesentralisasi. Mengapa bitcoin dikenal sebagai cryptocurrency? Karena bitcoin telah menggunakan kriptografi yang selalu menjaganya tetap aman. Sehingga tidak ada bitcoin fisik, hanya saja terdapat saldo yang tersimpan pada buku besar publik dan dapat diakses oleh setiap orang secara transparan (meskipun setiap catatan dienkripsi).

Baca Juga :  La Ode Umar Bonte Ketua DPP KNPI Yang Juga Pengusaha dan Aktivis

Jadi, bahasa ringannya bitcoin adalah mata uang digital yang telah dibuat dan disimpan secara digital pula. Karena memiliki bentuk yang digital, bitcoin tidak memiliki wujud fisik layaknya mata uang resmi Negara. Tidak terdapat otoritas yang dapat mengatur atau mengendalikannya.

Meskipun bitcoin tidak menjadi alat pembayaran yang sah di sebagian besar dunia, bitcoin saat ini masih sangat populer dan telah memicu peluncuran ratusan mata uang kripto lainnya, serta secara kolektif biasanya disebut sebagai altcoin.

Bahkan bitcoin juga mampu digunakan untuk membeli mobil buatan Tesla Inc. Oleh sebab itulah bitcoin menjadi aset yang sangat berharga karena orang-orang mau menukarnya dengan barang ataupun jasa yang nyata. Bahkan ada pula yang mau menukar bitcoin dengan menggunakan uang tunai.

Cara Kerja Bitcoin

Pada umumnya setiap “Keping” bitcoin merupakan sebuah file yang telah tersimpan pada aplikasi di dalam dompet digital. Penyimpanannya bisa dalam smartphone atau komputer. Para pemilik bitcoin melakukan transaksi dengan cara mengirimkan sebagian duang digital tersebut melalui dompet digital itu sendiri.

Kemudian setiap transaksi bitcoin tercatat dalam daftar public yang disebut blockchain, hal tersebut memang sangat memungkinan pelacakan riwayat bitcoin. Sehingga dapat mencegah seseorang membelanjakan koin yang sama sekali tidak mereka miliki, membuat salinan bitcoin dan membatalkan transaksi. Terdapat tiga cara utama yang dapat dilakukan seseorang agar mendapatkan bitcoin, caranya sebagai berikut:

  • Menambang bitcoin menggunakan komputer
  • Membeli bitcoin menggunakan uang nyata
  • Memperjualkan barang dan menerima pembayaran menggunakan bitcoin

Akhir Kata

Bitcoin menjadi salah satu mata uang baru atau layaknya uang elektronik yang dijadikan aset digital oleh para pemiliknya. Meskipun tidak menjadi alat pembayaran yang sah di berbagai negara, popularitas bitcoin masih sangat tinggi. Sebab harganya yang terus naik membuat banyak orang tertarik untuk mengikutinya.

Baca Juga :  Ide Bisnis untuk Pelajar SMP & SMA