Bagian-Bagian Komputer dan Fungsinya

Bagian-Bagian Komputer dan Fungsinya

Bagian-Bagian Komputer dan Fungsinya – Saya disini akan menjelaskan bagian-bagian komputer dan beserta fungsinya, di dalam sebuah komputer terdapat bagian-bagian yang penting. Bagian tersebut di gabungkan dan di sambungkan lalu jadilah sebuah komputer. dan juga terdapat bagian pendukung yang membantu kinerja dari sebuah komputer.

Mungkin kamu sudah mengenal komputer atau laptop secara lama, Didalam sebuah komputer terdapat bagian-bagian penting yaitu seperti Processor, Motherboard, Memory VGA, power supply dan lain-lainnya, Apakah kalian sudah tahu fungsi dan kegunaan bagian komputer tersebut?. Oleh karena itu disini saya akan menjelaskan secara lengkap bagian-bagian komputer dan fungsinya. Langsung saja kamu menuju bawah. Di dalam sebuah komputer terdapat bagian komputer yang meliputi yakni :

  • Bagian komputer inti atau pokok
  • Bagian komputer tambahan

Yang dimaksud dengan bagian komputer inti atau pokok ialah, bagian terpenting dari sebuah komputer. lalu bagian komputer tambahan ialah, bagian yang merupakan pendukung dari kinerja atau fungsi dari komputer.

Bagian komputer inti atau pokok

1. Processor

Bagian dalam komputer yang tak kalah pentingnya dengan kinerja komputer. Tanpa adanya processor maka komputer tidak bisa bekerja, karena processor sering disebut otak komputer. Processor memiliki fungsi untuk memerintahkan komputer yang akan dilakukan pengguna, misalnya saat kamu mengetik itu diperintahkan dari processor tanpa adanya processor saat kamu mengetik maka layar monitor tidak bisa menampilkan intruksi apa-apa. Pada umumnya bentuk processor memiliki ukuran kecil, semakin besar kapasitas processor maka semakin cepat kinerja operasi komputer, processor juga diberi sebuah kipas atau fan untuk memberi udara agar tidak cepat panas.

2. Motherboard

Bagian ini saya jelaskan fungsinya bagi kamu yang ingin tahu secara dalam bagian komputer, motherboard atau disebut juga dengan main board. Motherboard merupakan bagian induk atau pokok yang ada di CPU, fungsinya untuk menopang sirkuit seperti RAM dan komponen-kompone lainnya atau bisa juga disebut sebagai tempat komponen untuk memudahkan pemasangan. Kalau kamu ingin tahu bentuknya motherboard silahkan dibongkar komputernya masing-masing hhehe.

3. Casing

Meskipun tanpa casing kemungkinan komputer akan bisa dinyalakan, tapi cara tersebut tidak aman tentunya. Maka dari itu dibutuhkan casing untuk melindungi mesin komputer seperti VGA card, RAM, Kabel jumper, hardisk dan komponen lainnya. Pada umumnya casing ini berbentuk persegi panjang tapi untuk soal bentuk bisa diubah kapanpun bagi pengguna yang raja desain, di pasaran kita pasti menjumpai segala bentuk casing seperti dibuat persegi dengan moncong berbentuk segita dan bentuk lainnya, tapi apapun bentuknya yang terpenting peforma mesinnya dan bentuk desain itu urusan nomor 2.

Baca Juga :  10 Cara Mengatasi Komputer Windows Yang Lambat

Selain melindungi komponen-komponen, casing juga berperan menjaga keselematan pengguna dan mengatasi debu yang masuh ke komponen yang mana debu tersebut bisa merusak komponen. Di pasaran banyak sekali casing yang dijual dengan kelengkapan kipas untuk mendinginkan komponen.

Casing merupakan bagian komputer yang penting, namun tanpa casing sebuah komputer masih bisa di operasikan. Jadi menurut anda casing penting atau tidak? 

4. VGA Card

Pada posisi pertama kita akan mengenal apa itu VGA card dan funginya, VGA card ini merupakan bagian paling penting yang ada di mesin komputer. Bayangkan saja jika komputer kamu tanpa VGA maka komputer akan menampilkan gambar hitam alias blank. Disini dapat kita ketahui bahwa  VGA card sebagai alat untuk memproses output kedalam monitor seperti yang kita lihat, menampilkan gambar yang berisi perintah dari VGA tersebut.

Bentuk VGA card sendiri berbeda dari setiap komputer tergantung desainernya, biasanya memiliki warna biru dan VGA card ini suda dilengkapi sebuah kipas kecil untuk mendinginkan mesin VGA card, karena alat ini bekerja keras setiap saat untuk menampilkan output informasi ke dalam layar monitor, jika tidak diberi kipas maka kemungkinan besar VGA tidak akan bertahan lama dan cepat aus.  Sedangkan ada juga VGA slot yang biasanya disebut dengan VGA on board sehingga pengguna dapat sewaktu-waktu mengganti VGA, keuntungan memakai VGA jenis ini adalah kita dapat mengubah bila dirasa VGA bawaan kurang mewadai dalam menampilkan grafis yang mendalam.

Pada jaman sekarang VGA banyak di gunakan untuk komputer berbasis gaming dan desain grafis, karena VGA Card sangat penting untuk menampilkan kualitas grafik atau gambar yang bagus.

5. Power supply

Masih berbicara soal bagian dalam komputer yaitu power supply merupakan bagian penting dari beberapa komponen. Untuk komputer rumahan bahwa letak power supply ada di bagian belakang CPU dan pojok atas. Sesuai dengan namanya power supply berguna untuk menghantar arus listrik dc ke komponen lainnya agar bisa bekerja sebagimana mestinya. Sedangkan power supply yang sering dipakai pada umumnya adalah power supply jenis ATX.

Baca Juga :  5 Jenis Komputer dan Penjelasannya

Kalau kita lihat bagian CPU tepatnya diatas tadi ada beberapa socket yang menghubungkan ke monitor dan sumber listrik, dalam power supply juga terdapat kipas atau fan yang berguna mendinginkan power supply agar selalu dingin, sedangkan untuk bagian depan terdiri dari socket kabel-kebel kecil yang berguna untuk mengaliri arus listrik kedalam komponen-komponen yang terdapat di CPU tersebut. Tentunya aliran arus listrik yang masuk kedalam komponen tadi sudah diperkecil tegangannya oleh power supply sehingga dapat bekerja secara normal.

6. Keyboard, mouse dan monitor

Merupakan bagian input dari komputer yang memberi intruksi, pada mulanya pada tahun 1990 input komputer hanya berupa keyboard saja tapi seiring dengan perkembangan muncul bulpen yang fungsinya seperti dengan mouse. Tapi saat ini pada zaman yang modern sudah ada input device yang dapat disentuh oleh tangan dan suara dengan menggunakan kalimat perintah.  Tapi input yang umum dipakai komputer rumahan adalah keyboard dan mouse saja, fungsinya juga untuk menginput data yang dihasilkan pengguna.

Sedangkan Monitor merupakan alat output untuk menghasilkan atau menampilkan data yang telah di input dengan perangkat input tadi. Pada zaman dulu monitor hanya memiliki berbentuk tabung saja sehingga sangat berat untuk dibawa, tapi kali ini ada monitor yang lebih praktis dan tentunya sangat ringan dibawah yaitu monitor LCD yang mana bentukmya sangat tipis dan kualitas gambar yang dihasilkan jernih dari pada monitor tabung.

7. Hardisk Memory ” Storage”

Setelah memahami bagian-bagian komputer dan fungsinya, kini saatnya saya akan menjelaskan pengertian memori dan fungsinya. Kalau komputer tanpa ada memory maka kamu tidak akan bisa menyimpan data secara lama atau komputer tidak kuat menjalankan tugas yang diperintahkan oleh processor, biasanya memory yang sering digunakan komputer adalah memory hardisk yang berbentuk piringan, nah unutk lebih jelasnya bisa kamu lihat macam-macam penyimpan komputer.

  1. RAM “Random Acsess Memory” memory jenis ini berfungis untuk menuliskan data dan membacanya sehingga sifatnya sementara, mungkin kamu menemui komputer hang atau macet saat digunakan menjalankan aplikasi secara bersamaan, hal itulah yang disebabkan oleh ram yang kapasitasnya kecil namun kamu paksakan untuk mengerjakan aplikasi yang besar.
  2. ROM “Read Only Memory” fungsinya berbeda dengan ram, nah memory rom ini hanya memegang intruksi yang diterimanya untuk menyalakan dan mematikan komputer. Apabila rom ini rusak maka komputer tidak akan bisa nyala dengan sempurna sehingga harus diperbaiki dengan instal ulang. Yang perlu diingat bahwa rom tidak bisa menuliskan data atau membacanya.
  3. PROM “Progammable Read Only Memory” adalah chip memory yang dapat digunakan sekali pakai yang artinya setelah memasukkan program pada PROM maka tidak bisa dihapus kembali atau diisi dengan program baru lainnya. Bagian komputer diatas merupakan bagian komputer inti atau yang terpenting. untuk membuat atau merakit sebuah komputer, maka anda harus memiliki semua bagian komputer tersebut.
Baca Juga :  Pengenalan Dasar-Dasar Komputer Lengkap

Bagian Komputer Tambahan

  • SSD (Memory)
  • FAN (Kipas angin)
  • UPS (Battery)

Nah dari ketiga bagian komputer di atas, saya mengunakannya di dalam komputer yang saya miliki. saya akan menjelaskannya lebih lanjut tentang tiga bagian komputer tersebut.

1. SSD (Memory)

Merupakan sebuah media penyimpanan data yang berbasis flash memory atau memory berkecepatan tinggi. Layaknya seperti hardisk, namun SSD memiliki keunggulan dari segi fungsi dan kecepatan. SSD memory di butuhkan untuk komputer berbasis gaming, karena memiliki kecepatan memproses data yang sangat tinggi, dan kelemahannya ialah harga nya yang mahal.

2. FAN (Kipas angin)

Sama seperti kipas angin elektrik yang ada sekarang, bagian komputer ini mengambil peran penting untuk menjaga suhu komputer agar lebih stabil. Biasa nya komputer yang terlalu lama digunakan akan menimbulkan suhu panas yang berlebih, tentu ini sangat berbahaya bagi kesehatan komputer itu sendiri. Maka di jaman sekarang komputer di lengkapi dengan fan kipas angin pada bagian casing komputer.

3. UPS (Battery)

Bagian komputer yang tidak terlalu penting ini sering di abaikan, UPS adalah sebuah battery atau batrai yang berkapasitas besar untuk menyimpan lisktik untuk kebutuhan komputer. UPS berfungsi menstabilkan konsumsi listrik komputer, dan untuk berjaga jaga ketika saat mati lampu.

UPS akan tetap berfungsi secara otomatis ketika mati lampu, ini akan menjaga komputer dalam keadaan tetap hidup saat mati lampu. Alasan menggunakan UPS komputer menjadi tahan lama karena konsumsi listrik yang baik dan terhindar dari komputer mati secara tiba-tiba.

Mungkin itu saya yang bisa saja jelaskan tentang bagian-bagian komputer dan fungsinya, mungkin ada yang mau menambahkan? silahkan untuk berkomentar, semoga hal-hal yang saya sampaikan di atas bermanfaat dan terima kasih.