Cara Memilih Burung Murai Batu Prospek

Cara Memilih Burung Murai Batu Prospek

Cara Memilih Murai Batu Prospek – Burung murai batu sangat terkenal di kalangan kicau mania karena memiliki suara yang merdu dan fisik yang menarik. Burung murai batu banyak dipilih untuk dijadikan gacoan dalam perlombaan. Seringkali murai batu memenangkan perlombaan sebab suaranya yang sangat merdu. Suara kicauannya lantang dan keras, bahkan sangat bervariasi.

Dalam hal ini, anda masih bisa memberikan settingan pada murai batu lomba. Jika anda memberikan setingan yang tepat, maka kualitas dan kemampuan murai batu akan meningkat. Memilih burung murai batu untuk dilombakan memang bukanlah hal yang mudah. Apalagi jika anda memilih murai batu trotol atau bakalan.

Sebab, murai batu trotol dan bakalan menjadi patokan kualitas burung murai batu ketika dewasa. Jika saat masih bakalan tidak begitu prospek atau kurang menarik, maka perawatan yang bagaimana pun anda berikan tidak akan ampuh untuk mengubahnya.

Maka dari itu, sebaiknya anda memilih burung murai batu yang prospek. Lalu, bagaimana cara memilih murai batu yang prospek? Jika anda masih pemula, simak pembahasan lengkapnya dibawah ini.

Berikut Cara Memilih Murai Batu Lomba yang Prospek

1. Memperhatikan bentuk fisik dan ukuran

Burung murai batu yang ideal tentunya mempunyai tubuh yang panjang dan besar. Hal tersebut menjadi poin penting ketika burung murai batu mengeluarkan suara kicauannya. Dari faktor tersebut akan dapat mempengaruhi mental jika ikut dalam perlombaan.

2. Memperhatikan suara dan kretekan

Murai batu bakalan yang bagus memiliki kicauan yang keras. Suara kicauan burung murai batu bakalan terdengar sangat nyambung dan jeda yang lama. Ciri kretekan murai batu yang akan dihasilkan oleh burung tersebut dapat menjadi faktor pengaruh terhadap suara burung yang dapat dijadikan aduan kelak ketika usianya sudah beranjak dewasa.

Baca Juga :  Fakta-Fakta Siput yang Umum dan Menarik

3. Melihat bagian mata

Burung murai batu yang mempunyai mata sehat, tandanya sangat prospek dan berkualitas. Jadi anda harus mengatasi kondisi mata burung tersebut. Jangan anda memilih mata burung yang memiliki katarak atau selaput putih di bagian bola mata.

Anda harus memperhatikannya dengan teliti dan seksama untuk menghindari kebutaan. Satu lagi, jangan memilih burung murai batu yang bermata sayu dan malas. Dipastikan memiliki mental yang buruk.

4. Memperhatikan bagian kaki

Ciri murai batu yang prospek mempunyai warna hitam. Warna kaki burung murai batu memiliki warna hitam yang tandanya mentalnya kuat bertanding. Jangan lupa untuk memperhatikan bagian kelingking kaki belakang, apabila anda menemukan warna yang berbeda pada kuku burung tidak sama. Dapat dipastikan murai batu tidak memiliki mental yang stabil.

5. Mengutamakan kesehatan

Ketika memilih murai batu, pilihlah yang memiliki kesehatan baik. Ciri-cirinya yaitu melihat sayap yang mengepit rapat dan juga kaki yang mencengkram kuat, kedua ciri tersebut menandakan bahwa burung murai batu dalam keadaan sehat.

Akhir Kata

Demikian itulah beberapa informasi cara memilih murai batu bakalan yang prospek. Penjelasan diatas sudah kami rangkum secara khusus untuk anda pelajari dengan teliti. Ketika memilih murai batu untuk lomba jangan terburu-buru, sebab anda membutuhkan ketelitian dalam memperhatikan perbedaanya.