Cara Mudah Membuat Dokumentasi Laporan dengan iReport Pada Pemrogaman Java

Cara Mudah Membuat Dokumentasi Laporan dengan iReport Pada Pemrogaman Java

Cara Mudah Membuat Dokumentasi Laporan dengan iReport Pada Pemrogaman Java – Membuat laporan terkadang menjadi hal yang cukup melelahkan, apalagi dengan data yang begitu banyak dan berbeda. Kesalahan dalam melakukan Input ataupun kesalahan manusia terkadang mengurangi akurasi dalam pembuatan sebuah laporan. Namun seiring dengan berkembangnya zaman, beberapa solusi untuk mempermudah membuat laporan telah disediakan baik offline maupun online, dari sekian banyak salah satunya adalah iReport.

Beberapa fitur yang dimiliki iReport antara lain adalah:

  • 98% support pada segala Jasper Report
  • Banyak dukungan pada font dan template
  • Pengaturan tata letak yang mudah sehingga hasil yang didapat lebih maksimal

Pada tutorial sebelumnya Penulis sudah memberikan contoh untuk membuat laporan menggunakan iReport. Sehingga tutorial kali ini merupakan salah satu pengembangan yaitu melanjutkan untuk menampilkan laporan dari program Java. Untuk menuliskan program Java penulis menggunakan IDE (Integrated Developer Environment) Netbeans.
Anda bisa memulai dengan membuka aplikasi Netbeans yang sebelumnya telah terinstall pada perangkat komputer Anda. Buatlah project baru melalui menu File > New Project ataupun melalui taskbar Netbeans. Secara dasar akan ditampilkan beberapa pilihan bahasa untuk project yang akan Anda buat, pilih Java > Java Application.
Penjelasan :

  • Project Name : Nama Project yang akan di buat.
  • Project Location : Lokasi tempat penyimpanan file Project.
  • Use Dedicated Folder : Untuk membuat folder khusus bernama lib untuk menyimpan semua library yang digunakan.
  • Create Main Class : Untuk membuat sebuah main class baru yang namanya sama dengan nama Project, sebelum titik adalah nama package setelah titik adalah nama class.

Untuk menampilkan laporan, pembaca perlu menambahkan library pada iReport kedalam project yang tadi baru saja dibuat. Library tersebut berada didalam file tempat menginstal iReport, lokasi yang penulis gunakan pada

C:\Program Files\iReport-5.1.0\ireport\modules\ext

Terdapat beberapa library yang perlu di tambahkan di antaranya :

  • commons-beanutils-1.8.2,
  • commons-collections-3.2.1,
  • commons-digester-2.1,
  • commons-javaflow-20060411,
  • commons-logging-1.1,
  • groovy-all-2.0.1,
  • jasperreports-5.1.0,
Baca Juga :  Cara Membuat Web HTML CSS Keren by Olive Zamzam

Dimungkinkan ada sedikit perbedaan tergantung dari versi iReport yang Anda gunakan.

Import Library

Lakukan expand pada project yang sebelumnya telah dibuat, Tambahkan library tersebut ke dalam project dengan cara klik kanan pada Libraries pilih Add JAR/Folder
Window baru akan ditampilkan dan Anda tinggal memilih direktori dimana Anda menyimpan library iReport, lalu Pilih library yang akan di tambahkan kedalam project
Ketika library sudah berhasil di tambahkan kedalam Project, akan muncul icon baru dalam susunan tree library dari project seperti tampak pada gambar.

Koneksi Database

Buat Class Koneksi.java Class ini berfungsi untuk menghubungkan project dengan database, disini Penulis menggunakan database MySQL. Jika Anda menggunakan DBMS lain mungkin akan membutuhkan Pengaturan berbeda. Sebelum menuliskan kode program Anda haruslah melakukan library dari MySQL. Klik kanan pada folder Libraries pilih Add Library, Pilih MySQL JDBC Driver. Tambahkan script untuk menjalankan Class Koneksi.java untuk mengetahui apakah koneksi sudah berhasil.
Jika koneksi berhasil, maka akan tampil “Berhasil Koneksi” pada Output. Setelah koneksi berhasil, buatlah form baru.

Form Cetak Laporan

Form ini nantinya akan digunakan untuk melakukan penampilan form sebagai preview pada komputer milik Anda, Penulis hanya menambahkan button pada Form Cetak_Laporan.java. Anda bisa mempercantik nya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

Buat Class baru Fungsi_Cetak.java, Class ini berisi fungsi untuk memanggil laporan berekstensi .jasper yang nantinya akan dijalankan saat tombol “Cetak Laporan” di klik.
Setelah itu buat package atau folder baru di dalam project yang berisi file laporan .jasper yang akan kita tampilkan.
Tambahkan aksi pada Class Cetak_Laporan.java saat Button di klik. Sehingga saat project dijalankan dan tombol “Cetak Laporan” di klik laporannya akan tampil, Berikut kode yang dimaksudkan

Baca Juga :  Membuat Pengiriman Email Terjadwal dengan Framework CodeIgniter

Menggunakan Parameter

Anda pun dapat menampilkan laporan menggunakan parameter, tentu saja dengan menggunakan Textfield sebagai pembantu input parameter. Sebagai contoh kita bisa edit Form Cetak_Laporan.java, tambahkan sebuah Textfield bernama txtKd_Barang.
Setelah itu kita edit Fungsi_Cetak.java untuk dapat menerima 2 parameter, yang pertama parameter untuk lokasi file laporannya yang kedua parameter yang dibutuhkan laporan tersebut.
Kita menambahkan fungsi dengan nama yang sama tetapi parameter yang berbeda, maka saat kita hanya mengirim satu parameter yang dijalankan Fungsi_Cetak yang memiliki satu parameter dan saat kita mengirim dua parameter maka yang akan dijalankan Fungsi_Cetak yang memiliki dua parameter. Walaupun memiliki nama yang sama tetapi fungsi ini memiliki parameter yang berbeda fungsi ini disebut overloading pada Java.

Kita tambahkan kondisi saat button cetak di klik pada Class Cetak_Laporan.java. Saat txtKd_Barang diisi dengan B0001 dan button Cetak di klik, maka akan tampil laporan yang kode barangnya B0001 saja.

Penutup

Terima kasih, semoga apa yang saya tuliskan dapat bermanfaat untuk pembaca sekalian dan dapat dikembangkan lagi dengan kasus yang berbeda. Dan semoga dapat menginspirasi pembaca sekalian untuk dapat ikut juga menulis, supaya ilmu yang telah diamanahkan dapat bermanfaat untuk orang banyak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *