Jangan Cemas, Inilah Cara Mengatasi Keputihan yang Tepat

Cara Mengatasi Keputihan

Sebagian besar keputihan memang tidak perlu diobati dan dapat sembuh sendiri, misalnya keputihan karena ovulasi, menjelang menstruasi, atau kehamilan. Tetapi, apabila keputihan muncul dan keluhan yang mengganggu, kondisi ini perlu di obati. Cara mengatasi keputihan juga ada berbagai macam.

Keputihan dapat muncul karena pada dinding vagina dan leher rahim ada kelenjar yang menghasilkan cairan atau pelumas. Cairan ini dihasilkan sebagai wujud pertahanan tubuh wanita untuk mempertahankan kesehatan organ intimnya.

Keputihan yang normal pada umumnya berwarna putih susu atau jernih, tidak bau, dan tidak terasa gatal atau perih. Keputihan normal sebetulnya tidak membutuhkan penanganan khusus.

Tetapi, saat keputihan ada dan keluhan lain, seperti nyeri atau gatal di vagina, keputihan bau tidak sedap, atau nyeri saat melakukan hubungan intim, keadaan ini perlu diwaspadai sebab bisa saja disebabkan karena penyakit tertentu.

Cara Mengatasi Keputihan yang Tepat

Sama seperti yang sudah disebutkan di atas, keputihan yang normal biasanya tidak berbahaya dan dapat hilang sendirinya tanpa penyembuhan. Tetapi, bila keputihan yang muncul mengarah ke keputihan yang tidak normal, keadaan ini perlu diwaspadai dan ditangani dengan tepat.

Ada cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi keputihan itu, berikut adalah caranya :

1. Membersihkan vagina dengan tepat

Untuk mengatasi keputihan, Anda mulai bisa bersihkan vagina secara tepat, yakni dengan membasuhnya dari depan ke belakang atau dari arah vagina ke arah anus, bukan sebaliknya. Bersihkanlah vagina setiap selesai buang air kecil atau bab.

Sebisa mungkin, bersihkanlah vagina dengan memakai air hangat saja, atau jika Anda ingin memakai sabun, pakailah sabun yang berbahan ringan dan tanpa pewangi.

2. Jauhi memakai produk kewanitaan

Vagina sebetulnya adalah organ yang bisa membersihkan dirinya sendiri. Oleh karena itu, Anda tak perlu memakai produk pembersih kewanitaan, seperti cairan pembersih vagina atau bedak vagina.

Baca Juga :  Mengenal Vaksin Sinovac dan Perkembangannya

Masalahnya beberapa produk kewanitaan bisa merusak keseimbangan mikrobiota alami yang ada pada vagina . Maka, bukannya membantu mengatasi keputihan, pemakaian produk itu malah bisa memperparah keputihan yang dirasakan.

3. Gunakan kompres dingin

Guna menurunkan rasa tidak nyaman, seperti gatal atau bengkak, pada vagina saat alami keputihan, Anda bisa juga coba untuk memakai kompres dingin. Kompreslah vagina memakai kompres es atau waslap lembut yang dicelup di air dingin.

4. Konsultasi pada dokter

Jika keputihan tidak normal yang Anda rasakan berjalan lebih dari satu minggu, seharusnya segera tanyakan hal itu pada dokter. Dokter akan mengobati keputihan sesuai penyebabnya.

Apabila keputihan Anda disebabkan karena infeksi bakteri, dokter bisa memberi obat antibiotik, sama sesuai jenis kuman penyebab keputihan. Sementara itu, jika keputihan yang Anda rasakan disebabkan karena infeksi jamur, dokter kemungkinan memberi resep obat anti jamur berbentuk krim atau tablet yang dimasukkan ke vagina.

Untuk menyembuhkan keputihan karena infeksi parasit, seperti trikomoniasis, dokter dapat memberi obat antiparasit.

5. Gunakan kondom saat berhubungan seksual

Untuk menghindari infeksi jadi makin parah dan memaksimalkan penyembuhan keputihan, minta pasangan Anda untuk memakai kondom saat berhubungan seksual, selama satu minggu penyembuhan. Lebih bagus lagi, bila dapat, menunda dahulu berhubungan seksual di waktu tesebut. Disamping itu, cara ini penting juga dilakukan untuk mencegah keputihan kambuh kembali.

Penutup

Demikian artikel mengenai Cara mengatasi keputihan, semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk Anda. Sekian terima kasih.

Rekomendasi Popok Terbaik Untuk Bayi

Inilah Rekomendasi Popok Terbaik Untuk Bayi Yang Perlu Anda Ketahui – Dalam kesempatan kali ini mimin akan memberitahukan kepada anda semuanya tentang apa saja...
admin
1 min read