Kumpulan Makanan Spesial Hari Raya Imlek

Kumpulan Makanan Spesial Hari Raya Imlek

Makanan Hari Raya Imlek – Imlek adalah hari raya umat khonghucu. Imlek juga sering kali disebut dengan tahun baru cina merupakan hari raya besar bagi seluruh orang Tionghoa. Namun, perayaan hari raya imlek selalu dikaitkan dengan Cap Go Meh. Apakah imlek dan cap go meh itu sama? Imlek sebuah perayaan yang berasal dari negaranya yaitu cina.

Karena banyaknya etnis tionghoa yang melakukan imigrasi ke seluruh penjuru, akhirnya imlek banyak di rayakan di negara lainnya. Termasuk di Indonesia sendiri perayaan imlek tidak kalah meriah dengan negara asalnya. Meskipun sempat di batasi saat masa orde baru, pada awalnya imlek adalah momen yang sakral untuk menghormati para leluhur dan kepercayaan yang selalu di peringati dengan khidmat dan bersembahyang.

Sekarang ini zaman semakin berkembang, perayaan imlek semakin meluas dan di rayakan dengan penuh kegembiraan. Berkumpul dengan keluarga, makan bersama, main kembang api dan kegiatan menyenangkan lainnya. Sedangkan cap go meh adalah bagian dari perayaan imlek. Cap go meh dalam bahasa hokkien artinya malam kelima belas.

Selain itu melansir dari Tim Kuliner, cap go meh juga sering disebut dengan Festival lampion. Penyebutan tersebut sudah ada sejak abad ke 17 pada masa dinasti Han. Perayaan selalu dilakukan dengan berbagai cara, yaitu dengan memasang lentera dan lampion aneka warna.

Semua orang melakukan hal yang sama, baik di kota maupun pedesaan ikut memang lentera dan lampion warna-warni tujuannya untuk mengusir hama di ladang sekaligus mempercantik pemandangan malam. Saat perayaan hari raya memang tidak lepas dari makanan khas yang disajikan.

Sama halnya ketika hari raya imlek, selalu ada sajian khas perayaan imlek. Tidak hanya enak dan lezat, tampilan makanan yang ada juga sangat menarik. Lalu, apa saja makanan khas imlek yang sering di hidangkan? Dibawah ini ada beberapa makanan imlek yang wajib anda coba.

Baca Juga :  5 Rekomendasi Makanan Khas Perayaan Kemerdekaan

Makanan Khas Perayaan Imlek

1. Babi Panggang

Babi panggang selalu menjadi pilihan makanan dalam perayaan hari raya imlek. Hidangan yang satu ini menjadi kesukaan keluarga, karena dagingnya yang gurih dan krispy ketika dipanggang sangat menggugah selera.

Daging babi panggang selalu dihidangkan bersama menu lainnya, menurut orang cina imlek tanpa daging panggang rasanya tidak lengkap. Apalagi saat berkumpul dengan keluarga, semakin menyenangkan makan bersama-sama.

Bukan hanya sekedar menjadi hidangan saja, tetapi ada makna tersendiri dibalik makanan babi panggang. Meskipun babi dikenal sebagai hewan pemalas yang sukanya tidur dan bermain di lumpur, tapi menurut pandangan masyarakat Tionghoa berbeda. Masyakarat Tionghoa babi dipercaya mampu memberikan kemakmuran dan banyak mendapatkan keberuntungan.

2. Susu Mie

Susu mie menjadi makanan yang sangat cocok untuk hari raya imlek. Susu mie memang salah satu makanan khas imlek dan selalu di temukan pada hidangan imlek. Sama halnya dengan babi panggang, susu mie harus dimasak dengan benar tidak boleh sampai putus.

Mengapa demikian? Sebab susu mie selalu disebut dengan mie panjang umur. Masyarakat Tionghoa menyembut mie panjang umur dengan nama Changssou Mian tersebut mempunyai makna dalam sebagai harapan agar diberikan panjang umur oleh Tuhan.

3. Ikan Bandeng

Ketika perayaan imlek anda akan menemukan makanan khas yaitu ikan bandeng. Pada hidangan tersebut, ikan bandeng akan disajikan secara utuh sama seperti bebek panggang dan babi panggang. Dalam memasak ikan bandeng khas imlek, diwajibkan tubuh ikan tidak boleh hancur atau terpisah.

Bukan tanpa alasan, namun dibalik peraturan tersebut masyarakat Tonghoa memiliki makna tersendiri. Jadi, maknanya ikan bandeng sebagai pelicin bisnis atau bisnis yang anda jalankan bisa semakin lancar kedepannya.

Baca Juga :  Cara Membuat Cireng Bandung Special

4. Yu sheng

Makanan imlek selanjutnya adalah yu sheng. Yu sheng adalah makanan yang hampir mirip dengan salad, sebab terdapat sayuran, ikan serta buah-buahan di dalamnya. Pada umumnya, yu sheng selalu di pilih untuk menu makanan saat berkumpul dengan keluarga besar.

Masyarakat Tionghoa percaya ketika makan yu sheng harus di angkat setinggi mungkin. Sebab mereka percaya bahwa jika mengangkat tinggi makanan tersebut, harapan akan segera terkabul dan keberuntungan berlipat-lipat di tahun baru.

5. Jiaozi

Jiaozi merupakan makanan khas imlek yang tampilannya hampir mirip dengan dimsum. Selain tampilannya yang sama ternyata keduanya memiliki rasa yang sama juga. Tapi perlu diketahui bahwa makanan jiaozi adalah pangsit.

Menu makanan yang satu ini selalu di pilih untuk hidangan bersama keluarga. Masyarakat tionghoa percaya bahwa jiaozi sebagai bentuk harapan yang dapat mendatangkan limpahan rezeki dan menghadirkan kerukunan dalam keluarga tersebut.

Akhir Kata

Itulah makanan khas perayaan imlek yang harus anda ketahui menurut timkuliner.com. Selain makanan diatas, ternyata masih banyak jajanan dan kudapan enak ketika imlek tiba. Pernahkah anda mendengar kue keranjang, itu juga menjadi salah satu makanan khas ketika imlek. Rasanya yang enak dan manis semua orang menyukainya. Makanan imlek selain enak juga mengandung makna di dalamnya.