Membuat Laporan dengan Mudah Menggunakan iReport

Membuat Laporan dengan Mudah Menggunakan iReport

Membuat Laporan dengan Mudah Menggunakan iReport – iReport adalah tools yang memudahkan Anda membuat laporan. Biasanya iReport di gunakan dalam bahasa pemrograman Java. iReport bersifat open source jadi Anda bebas menggunakan dan tidak perlu membeli lisensi untuk mengembangkannya. Anda dapat mengunduhnya di http://community.jaspersoft.com/project/ireport-designer/releases dan untuk sample database yang Penulis pergunakan dapat di unduh disini.

Pengaturan Koneksi Database

2
3

Sebelum mendesain template laporan, Anda harus membuat membuat Koneksi antara iReport dengan database. Karena data laporan yang di tampilkan akan diambil dari database yang Anda gunakan. Untuk membuat koneksi dapat dilakukan dengan klik wizardPilih Database JDBC Connection, sehingga akan muncul window tempat Anda mengatur koneksi dari database ke iReport.Penjelasan :

  • Name adalah nama koneksi tidak harus sama dengan nama database.
  • JDBC Driver adalah driver yang di gunakan untuk menghubungkan iReport dengan database.
  • JDBC URL adalah lokasi database yang Penulis gunakan.
  • Username dan Password menyesuaikan dengan Username dan Password Anda
4

Setelah melakukan pengaturan, Anda dapat melakukan Test untuk mengetahui apakah telah berhasil terkoneksi.Jika terjadi error biasanya karena Anda belum mengganti pilihan koneksi JDBC Driver, atau mungkin service pada Mysql belum aktif.

Pembuatan Template Laporan

Sampai tahap ini, Anda sudah berhasil untuk membuat koneksi antara iReport dengan database. Langkah selanjutnya adalah pembuatan format atau template laporan. Klik Wizard, dan pilih Create a new report.Anda dapat memilih template yang sudah disediakan iReport, tetapi pada contoh ini Penulis tidak menggunakan template yang telah disediakan. Tapi, Penulis memilih menggunakan Launch Report Wizard.Name and Location menyesuaikan nama dan lokasi dimana Anda akan menyimpan report yang di buat. Misalnya saja pada tutorial ini penulis menyimpannya di dalam folder laporan yang berada pada direktori projek Tugas PBOL Skripsi.Pada bagian ini Anda bisa mulai mendeklarasikan data apa yang akan digunakan untuk laporan dalam bentuk query. Menuliskan query secara langsung, bisa saja anda lakukan pada tahap ini. Tetapi untuk lebih memudahkan, Penulis memilih menggunakan fitur Design Query.Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat memilih table dan field yang akan di tampilkan pada laporan. Misalnya Penulis akan membuat laporan Data Barang menggunakan database yang sudah ada sebelumnya.Ketika proses pengaturan database telah selesai, maka Anda akan kembali pada tampilan window query sebelumnya. tentunya dengan query yang sudah otomatis terbentuk dari field dan table yang sudah Anda pilih.

ireport - 10

Bisa saja anda tidak menggunakan fitur Design query, tapi langsung menuliskan querynya.

ireport-11

Langkah yang harus Anda lakukan berikutnya adalah memilih field mana yang akan Anda masukan ke dalam laporan. Anda bisa langsung memasukan seluruh data dari database tanpa melakukan seleksi dengn menggunakan tombol “>>”. Atau dengan tombol ‘>’, tapi anda harus melakukan seleksi terlebih dahulu.

ireport-12

Anda bisa menemukan menu yang disebut dengan Palette di bagian kanan atas. Pada bagian ini Anda dapat menggunakan beberapa fitur yang telah disediakan diantaranya Adalah Static Text, untuk membuat judul laporan. Dan Properties, untuk mengatur objek yang Pembaca gunakan.

ireport-14

Data yang sebelumnya Anda atur, bisa dilihat pada Fields yang berada pada Report Inspector (sisi Sebelah kiri)

15

Setelah Anda memilih Field-nya, lakukan drag and drop ke bagian Detail.

ireport-16

Anda dapat melakukan hal yang sama pada semua field, sesuaikan tampilannya seperti ini.

17

Untuk melihat hasil dari Report, Anda dapat memilih Preview.

ireport-18

Saat Anda melakukan preview, iReport akan membuat file baru yang berekstensi .jasper dengan nama yang sama dengan file iReport .jrxml. Nantinya file .jasper ini yang akan dipanggil pada program Java.

ireport-19

Sampai pada tulisan ini, maka semua data barang pada database akan ditampilkan seluruhnya oleh iReport.

Baca Juga :  Membaca dan Menulis JSON Mudah dengan C#.NET

Efisiensi iReport

Lalu bagaimana jika Anda ingin menampilkan hanya barang dengan kode barang B0001 saja? Salah satu solusinya adalah dengan memberikan parameter pada desain laporan. Untuk menambahkan parameter, Anda dapat membuka lagi file .jrxml pada iReport. Pilih report query dimana anda bisa mengedit query yang akan digunakan.

ireport-23

Untuk membuat parameter, pilih New Parameter.

ireport-24

Misalnya Penulis membuat parameter dengan nama kodeBarang. dengan tujuan data yang ditampilkan berdasarkan field kd_brg pada database. Untuk Value menyesuaikan dengan kebutuhan anda, misalkan dalam tutorial ini Penulis memilih menggunakan Text.

ireport-25

Setelah Anda berhasil membuat parameter, tambahkan query pada report query seperti berikut.

ireport-27

Saat kita coba preview, maka iReport akan menampilkan popup untuk memasukan parameter kodeBarang yang tadi Anda buat.

ireport-28

Seperti contoh, saat Penulis memasukan nilai B0001 pada popup tersebut, maka iReport hanya akan menampilkan data barang B0001 saja.

ireport -29

Penutup

Sampai di sini Anda sudah dapat membuat laporan dengan iReport menggunakan parameter, pada tutorial selanjutnya Penulis akan mencoba untuk memberikan contoh untuk memanggil file laporan tersebut dari program Java.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *