Pengenalan Dasar-Dasar Komputer Lengkap

Pengenalan Dasar-Dasar Komputer Lengkap

Pengenalan Dasar-Dasar Komputer Lengkap – Saat ini saya akan menjelaskan pengenalan dasar-dasar komputer, komputer bisa dijumpai dengan mudah. Hampir semua orang memiliki dan menggunakannya untuk menunjang berbagai keperluan. Dengan komputer, berbagai aktivitas manusia bisa dilakukan dengan lebih sederhana. Namun, apakah Anda tahu apa yang disebut dengan komputer?

Dalam pengenalan komputer, kita perlu mengetahui terlebih dulu definisi dari sistem komputer. Sistem komputer berguna untuk memproses data secara digital yang selanjutnya digunakan untuk menunjang aktivitas sehari-hari manusia. Terdapat tiga elemen penting dalam sebuah sistem komputer, yakni perangkat keras, perangkat lunak, dan pengguna komputer. Oke langsung saja saya jelaskan pengenalan dasar komputer.

Perangkat Keras Komputer

Perangkat Keras Komputer Perangkat keras merupakan perangkat penyusun komputer yang bisa dilihat secara fisik. Masing-masing perangkat keras memiliki fungsi tersendiri dan bisa diklasifikasikan menjadi empat kategori, yakni:

1. Input

Sesuai dengan namanya, input merupakan jenis perangkat keras yang berfungsi untuk memberikan instruksi atau memasukkan data ke dalam komputer. Perangkat utama yang biasanya digunakan sebagai alat input adalah kibor (keyboard) dan mouse.

2. Storage

Storage atau sarana penyimpanan merupakan perangkat keras yang dipakai untuk menyimpan data saat data tersebut tidak digunakan pada memori. Terdapat beberapa jenis perangkat keras storage yang hadir dalam komputer, yakni:

– Floppy Disk

Floppy Disk merupakan jenis disk drive yang kini sudah tidak lagi digunakan. Floppy Disk diluncurkan pada tahun 1980 dan hanya digunakan hingga tahun 1990-an. Di Indonesia, Floppy Disk kerap disebut disket. Pada penggunaannya, Floppy Disk menggunakan Drive A dan Drive B.

– Hard Drive

Hard drive menjadi sarana utama untuk penyimpanan data dalam sebuah komputer. Di dalam komputer, hard drive bisa terbagi menjadi beberapa bagian, sesuai dengan konfigurasi yang diinginkan. Biasanya, hard drive dimulai dari drive C, kemudian D, E, dan seterusnya. Hard drive hadir dengan desain mekanik dan memiliki kapasitas besar. Mayoritas komputer yang saat ini dijual di pasaran hadir dengan hard drive berkapasitas 500GB atau malah 1TB. Selain itu, ada pula tipe alat penyimpanan lain yang lebih canggih, disebut dengan Solid State Drive (SSD). Dibandingkan hard drive, SSD punya kemampuan lebih cepat dalam pembacaan dan penyimpanan data serta lebih tahan lama.

Baca Juga :  5 Jenis Komputer dan Penjelasannya

– CD atau DVD Rom

Seperti halnya Floppy Disk, CD atau DVD Rom saat ini keberadaannya sudah mulai ditinggalkan. Bahkan untuk keperluan instalasi program yang dulunya menggunakan CD, pengguna komputer saat ini sudah bisa mengunduhnya langsung dari internet.

Pemroses alias CPU

Central processing unit (CPU) adalah otak dari sebuah komputer. CPU terbagi menjadi dua bagian, yakni unit kendali dan unit aritmetika logika, disingkat ALU. Unit kendali memungkinkan sebuah CPU untuk bisa mengatur kerja komputer.

Sementara itu, ALU berfungsi untuk melakukan proses perhitungan aritmetika. Dalam sebuah komputer, CPU terbagi menjadi beberapa bagian, yakni:

– Prosesor

Prosesor adalah elemen penting yang menentukan performa sebuah komputer. Saat ini, komputer yang dijual ke pasaran sudah menggunakan kecepatan gigahertz (GHz). Satu gigahertz setara dengan 1 miliar putaran dalam satu detik. Semakin tinggi kecepatannya, maka semakin tinggi pula performa yang bisa dihasilkan.

Namun, pada saat menilai performa sebuah komputer, jangan hanya terpaku pada kecepatannya. Ada faktor lain yang juga harus diperhatikan. Termasuk di antaranya adalah teknologi efisiensi yang tersemat di dalamnya. Cara paling efektif untuk bisa menilai kualitas dari sebuah CPU adalah jumlah instruksi per detik yang bisa dilakukan.

– Memori

Memori atau biasa disebut dengan random access memory (RAM) juga tidak bisa dilepaskan dari CPU. Berbeda dengan prosesor yang memiliki satuan GHz, RAM hadir dengan satuan GB, sama seperti perangkat storage. Hanya saja, memori bukan berfungsi sebagai alat penyimpanan.

Memori menjadi sarana sebuah komputer untuk bisa mengomunikasikan perangkat lunak dengan prosesor. Keberadaan memori akan sangat berdampak pada performa umum sebuah komputer. Tidak heran kalau komputer dengan kapasitas RAM besar akan memiliki kecepatan lebih tinggi.

Baca Juga :  Cara Instalasi CentOS, Distro Linux Andalan untuk Server

– Output

Output adalah alat yang menampilkan hasil pemrosesan data komputer. Terdapat beberapa jenis perangkat output yang kerap digunakan, yakni monitor, speaker, dan printer.

Perangkat Lunak Komputer

Dalam Pengenalan Komputer, Anda juga perlu mengetahui adanya perangkat lunak. Perangkat lunak terbagi menjadi dua bagian, yakni sistem operasi dan program. Keduanya memiliki peran dan fungsi yang berbeda.

Sistem operasi merupakan perangkat lunak yang mengontrol sistem pada komputer. Sistem operasi berguna untuk menginstruksikan komputer saat menyimpan data hingga saat mengeksekusi sebuah aplikasi atau program. Contoh sistem operasi antara lain adalah Windows XP, Mac OS, OS Android, iOS, dan Linux.

Sementara itu, program merupakan aplikasi dengan fungsi dan tujuan tertentu. Contoh beberapa program yang biasa hadir dalam sebuah komputer antara lain adalah program database, program dokumen, dan program edit gambar.

Pengguna Komputer (User)

Tidak kalah pentingnya dalam sebuah sistem komputer adalah kehadiran seorang pengguna komputer, alias manusia. Komputer bisa digunakan untuk aktivitas yang positif dan bisa pula dimanfaatkan untuk berbagai jenis tindak kejahatan. Semua itu bergantung pada masing-masing penggunanya.

Ketiga faktor tersebut menjadi hal yang krusial dalam Pengenalan Komputer. Ketiganya harus berjalan beriringan. Sebuah komputer dengan perangkat keras yang canggih akan mubazir kalau tidak dibarengi dengan perangkat lunak yang memadai dan pengguna yang memiliki kemampuan.

Dan, seorang pengguna komputer yang ahli, tidak akan bisa memanfaatkan perangkatnya secara maksimal kalau tidak dibarengi dengan spesifikasi perangkat keras dan perangkat lunak yang memadai.

Semoga informasi terkait pengenalan dasar-dasar komputer di atas berguna