Pengertian Komputer Server dan Client

Pengertian Komputer Server dan Client

Pengertian Komputer Server dan Client – Kalau mendengarkan kata Server pasti kamu ada bayangan apa itu server, mungkin kamu sudah tahu tapi tidak tahu pengertiannya secara teoritis. Untuk itu disini saya akan memeberikan sedikit info mengenai pengertian komputer server, dalam bahasa Indonesia istilah komputer server adalah sebuah komputer yang melayani permintaan data kepada komputer client atau penerima dalam satu lingkup jaringan. Sedangkan untuk arti komputer clien sendiri adalah komputer yang meminta atau mereques sebuah layanan seperti untuk membuka aplikasi, data-data, file dan lain-lain yang ada di komputer server. berikut Pengertian Komputer Server dan Client Pengertian komputer server, seperti yang kita singgung pada pembukaan diatas bahwa komputer server adalah komputer yang memiliki tugas untuk melayani penggunaan aplikasi, data dan file yang ada di komputer server itu sendiri untuk dikirim ke komputer client.

Biasanya komputer server terletak dan dibangun pada satu jaringan yang terhubung antara komputer client dengan komputer client lainnya dalam satu ruangan, umumnya jaringan komputer server dan client ini dipakai oleh sekolah-sekolah pada umumnya untuk menunjang proses pendidikan yang berbasis teknologi, tak hanya digunakan di sekolahan saja bahkan di perusahaan atau perkantoran sering ditemui yang menggunakan jaringan komputer server dan client tersebut untuk menghubung atasan dengan bawahan lainnya, sehingga dengan menggunakan sistem jaringan ini maka pekerjaan akan jauh lebih mudah dan cepat.

Pengertian Komputer Server dan Client Dari penjelasan singkat diatas mungkin kamu sudah memiliki angan-angan apa saja fungsi komputer server dan client, nah untuk lebih jelasnya kamu bisa melihat fungsi secara umum dari komputer server dan client.

  • memiliki fungsi bahwa komputer server harus bertanggung jawab apa yang dikirim baik itu berupa data atau aplikasi pada komputer client.
  • memiliki resource agar bisa digunakan bersama-sama dengan jaringan komputer client secara luas dalam satu ruangan, sehingga bisa terhubung secara baik.
  • kecepatan atau lemahnya suatu jaringan yang dihasilkan tergantung dari komputer server, dari itulah komputer server bertanggung jawab atas lalu lintas data.
  • dapat menyimpan data-data penting secara baik agar mudah diakses bersma oleh komputer client dalam file sharing.
  • untuk menciptkan keamanan maka komputer server harus bisa mengatur level akses dalam suatu jaringan, hal ini untuk menjaga kerahasiaan file-file yang tidak harus diketahui oleh beberapa komputer client.
  • memberikan database atau aplikasi yang dapat dipakai oleh semua komputer client.
  • untuk menjaga keamanan komputer client maka komputer server disarankan untuk memasang aplikasi anti malware, hal ini untuk mencegah virus dan menghancurkan virus yang menyusup.
Baca Juga :  Remarkable, Powerfull Markdown Editor untuk Pengguna Linux

Selain kita ketahui beberapa fungsi atas jaringan komputer server dan client, ternyata ada beberapa manfaat yang kita rasakan saat menggunakan jaringan ini yang antara lain:

  • manfaat yang kita rasakan saat menyusun jaringan ini adalah kita bisa hemat biaya jutaan rupiah untuk bisa terhubung ke beberapa komputer dan labih efesien untuk melakukan pekerjaan.
  • misalkan kamu dalam sebuah perusahaan memiliki 1 buah printer, sehingga  printer tersbut dapat kita sharing pada komputer lainnya untuk mengaksesnya, saat komputer client membutuhkan printer tidak harus membeli printer khusus yang mana cukup printer satu bisa digunakan oleh beberapa komputer. Bagaimana jelas hemat bukan? dari pada beli printer satu-satu untuk setiap komputer, ingat cara ini hanya berlaku pada tempat satu ruangan dan tidak disarankan untuk ruangan yang berbeda terutama kalau jauh sehingga waktu kamu tidak efesien.

Yang di sharing tidak hanya akses printer saja, tapi banyak yang dapat diakses oleh komputer clinet seperti hardisk, aplikasi dan scanner pun bisa. Setelah jelaskan panjang lebar mengenai pengertian, manfaat dan fungsi komputer server dan client, kini saatnya saya ajak sobat untuk mengetahui jenis-jenis komputer server yang tidak lain seperti dibawah ini?

1. Server Aplikasi

Server aplikasi merupakan sebuah komputer server yang bertugas sebagai media penyimpanan aplikasi,  dimana aplikasi tersebut nantinya bisa diakses dari komputer client pada sebuah jaringan komputer. server aplikasi ini biasanya dipakai oleh perusahaan – perusahaan/organisasi berskala besar dimana perusahaan tersebut setiap harinya mengolah data dalam jumlah bersar. Contoh dari penerapan sebuah server aplikasi merupakan pada mall/super market, hotel, universitas dan lain lain.

2. Database Server

Database server merupakan beberapa komputer server yang menggunakan sistem operasi server yang bertugas untuk melayani layanan  pengelolaan basis data untuk komputer lainnya yang menerapkan sebuah model database berbasis client-server. untuk berbagai kegiatan database server biasa dipakai untuk analisis data, pengarsipan, penyimpanan data dan lain-lain. Dalam sebuah insfrastruktur jaringan berbagai perusahaan yang menerapkan sebuah sistem client-server menciptakan database server terpisah dari server aplikasi mereka, sebuah database management system terisntal semacam MS SQL Server, Oracle, MySQL, Firebird dan sebagainya.

Baca Juga :  Pengenalan Dasar-Dasar Komputer Lengkap

3. Mail Server

Mail server alias yang tak jarang disebut juga email server merupakan sebuah komputer server yang didedikasikan untuk menjalankan aplikasi alias perangkat lunak mail server jadi memungkinkan pemakai/user untuk bisa mengirim dan menerima surat elektronik alias email satu sama lain dalam sebuah jaringan komputer melewati internet. layanan ini memakai arsitektur clien-server inilah yang membuat mail server dan bertindak sebagai mail transfer agen atau MTA yang bekerja menampung dan mendistribusikan email pada sebuah jaringan. Mail server bekerja memakai Protocol seperti SMTP atau Simple mail transfer protocol, POP3 atau Post office protocol V3, mail server memakai imap smtp untuk menampung dan mendistribusikan email. sedangkan pop3 dan imap supaya pemakai/user bisa mengambil dan membaca email dengan cara remote.

4. Web Server

Web Server alias dalam bahasa indonesia disebut server web merupakan sebuah komputer server dengan perangkat lunak (aplikasi) yang berlangsung dibawah sistem operasi server bermanfaat untuk menerima permintaan (request) melewati protokol HTTP alias HTTPS berupa halaman web dari client, kemudian Web server memberikan kembali atau respon dari hasil request tersebut ke dalam bentuk halaman-halaman web yang pada umumnya memakai format HTML (hypertext markup language).

5. File Server

File server merupakan sebuah komputer server yang mempunyai layanan untuk menyediakan penyimpanan data dengan cara terpusat kemudian mempunyai jalan masuk bersama terhadap setiap komputer/workstation pada sebuah jaringan komputer. sebuah file server biasanya memakai server domain alias server workgroup jadi memungkinkan pemakai untuk meperbuat pengolahan file.

6. Proxy Server

Proxy server merupakan sebuah komputer server yang bermanfaat untuk penghubung atau yang mempunyai peran sebagai penghubung setiap workstation yang tersedia pada jaringan lokal dengan jaringan internet pada sebutannya juga proxy server yang biasa dikenal gateway pada salah satu jaringan komputer yang bermanfaat untuk mengendalikaan alias memonitor lalu-lintas paket data, disamping itu proxy server juga mempunyai fitur untuk melakukan filtering jadi bisa mengontrol terhadap jalan masuk lalu-lintas paket data pada sebuah jaringan komputer.

Baca Juga :  10 Cara Mengatasi Komputer Windows Yang Lambat

7. VPS Server

VPS (Virtual Private Server) merupakan komputer server yang memungkinkan sebuah physical server yang berlangsung dibawah sistem virtualisasi dibagi menjadi berbagai mesin virtual. Dalam teknologi virtualisasi server, sebuah server virtual bisa menjalankan sistem operasi sendiri seakan-akan menjadi sebuah server, jadi sebuah virtual server bisa di reboot dengan cara terpisah (tanpa wajib mem-reboot server utama, resource server yang ditempatkan pada sebuah layanan vps antara lain, CPU core, CPU Usage, RAM, dan storage.

Demikian artikel mengenai Pengertian Komputer Server dan Client, semoga bermanfaat.