Perbedaan Burung Murai Batu Jantan dan Betina 100% Akurat

Perbedaan Burung Murai Batu Jantan dan Betina 100% Akurat

Perbedaan Murai Batu Jantan dan Betina – Murai batu merupakan salah satu burung kicau yang paling banyak diminati oleh para kicau mania baik untuk burung lomba atau hanya peliharaan semata. Meskipun harga burung murai batu terbilang cukup mahal, bukan berarti tidak laku di pasaran. Justru burung murai batu sangat laku besar dan permintaannya sangat banyak.

Peminatnya yang teramat banyak sehingga murai batu selalu di cari dan diincar sebagai burung kicau gacoan di kelas kontes. Mereka semua tidak keberatan, meskipun harganya sangat mahal. Menurut mereka, harga yang mahal itu wajar sebab kualitas burungnya tidak main-main.

Para kicau mania lebih tertarik dan tertantang memilih murai batu trotol dibandingkan murai batu muda hutan. Hal tersebut dikarenakan burung murai batu trotol yang dipelihara akan lebih mudah dibentuk sesuai dengan keinginan anda sendiri selaku majikannya.

Selain itu murai batu trotol juga akan lebih jinak dan cepat gacor. Mengapa demikian? Sebab murai batu yang di pelihara sejak trotol sudah terbiasa dengan keadaan lingkungan sekitar dan adanya manusia di sekelilingnya. Harga burung murai batu trotol juga cenderung lebih murah dibandingkan dewasanya.

Perbedaan Murai Batu Jantan dan Betina Dewasa

Pada umumnya, banyak cara yang dapat anda lakukan untuk membedakan jenis kelamin burung murai batu. Jika anda mengamati dengan seksama dan teliti pada bagian fisiknya, tentu saja dapat membandingkan keduanya.

Bagi para kicau mania yang sudah berkecimpung dalan dunia burung kicau, membedakan jenis kelamin burung kicau adalah hal yang biasa. Tapi, bagi sebagian orang yang masih awam dan baru mempelajari burung kicau pasti akan merasa kesulitan.

Dalam hal ini yang paling di khawatirkan adalah tindakan dari penjual yang tidak jujur dengan membodohi mereka ketika membeli burung di pasaran. Untuk menghindari permasalahan seperti ini, ada baiknya jika anda mengetahui apa saja ciri-ciri murai batu jantan dan betina.

Baca Juga :  12 Fakta Menarik Landak Mini

Ciri-ciri Murai Batu Jantan

  1. Memiliki struktur tubuh yang lebih besar
  2. Memiliki paruh tebal dan panjang
  3. Bulu di badannya terlihat hitam dan mengkilat
  4. Warna bulunya lebih pekat dan mengkilap
  5. Bulu di bagian dada lebih coklat dan gelap
  6. Ekornya lebih mencolok, panjang dengan bulu yang berlapis tebal
  7. Posisi mata lebih menjorok atau menonjol keluar
  8. Kepalanya lebih besar dan lebar
  9. Kakinya panjang, tebal dan kokoh
  10. Suaranya lebih panjang dan keras

Ciri-ciri Murai Batu Betina

  1. Paruhnya lebih pendek dan kecil
  2. Struktur tubuhnya lebih kecil
  3. Bulunya terlihat lebih kusam dan berwarna hitam, abu-abu dan tidak mengkilap
  4. Bulu dada berwarna coklat muda
  5. Ekornya lebih kecil dan pendek
  6. Kepalanya lebih kecil
  7. Posisi mata tidak terlalu menonjol
  8. Ukuran kaki lebih kecil
  9. Pubis atau supit urang terasa lebih lunak dan renggang
  10. Berkicau dengan suara monoton dan pelan

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai perbedaan burung murai batu jantan dan betina yang kami kutip dari laman bangparid. Perbedaan diatas bisa anda pelajari dengan teliti dan harus mengingatnya. Nantinya bila anda sudah terbiasa menerapkan setiap kali membeli burung kicau, selanjutnya akan lebih terbiasa. Bahkan tanpa melihat secara detail pun anda sudah bisa membedakan jenis kelaminnya.