Teknik Dasar Bola Basket yang Harus Dikuasai Pemula

Teknik Dasar Bola Basket yang Harus Dikuasai Pemula

Salah satu cabang olahraga yang cukup populer adalah bola basket. Untuk bisa bermain basket, maka Anda harus menguasai teknik dasar bola basket. Bermain bola basket dipercaya mampu meningkatkan tinggi badan.

Hal ini dikarenakan dalam permainan basket, pemain sering melakukan lompatan. Maka tidak heran, permainan ini dipercaya mampu membantu menambah tinggi badan. Kemudian supaya bisa bermain dengan baik, maka Anda harus mempelajari teknik bermain dengan benar.

Teknik Dasar Bermain Bola Basket versi desabola

Sama seperti jenis olahraga lainnya, setiap pemain bola basket pastinya harus menguasai beberapa teknik dasar. Dengan mempelajari dan menguasai teknik tersebut, maka pemain bisa mengikuti pertandingan dengan baik dan mampu mencetak skor dalam permainan.

Dalam permainan bola basket sebenarnya ada beberapa teknik dasar yang harus dikuasai, seperti dribbling, shooting, passing, defense, pivot dan rebound. Akan tetapi, dalam pembahasan ini kita akan bahas beberapa saja, seperti berikut ini:

1. Dribbling

Dalam permainan bola basket, setiap pemain wajib menguasai teknik dasar bola basket dribbling. Teknik ini berguna untuk menggiring bola dan berpindah-pindah posisi untuk menguasai bola dalam permainan.

Untuk mempelajari teknik dribbling, Anda bisa melakukannya sendiri tanpa harus menggunakan alat bantu atau teman. Untuk melakukan dribbling Anda hanya perlu memantulkan bola basket menggunakan telapak tangan dan mainkan jari untuk mengarahkan dribbling.

2. Shooting

Teknik dasar berikutnya adalah shooting atau teknik untuk menembak bola ke dalam ring basket. Teknik ini juga harus Anda kuasai agar bisa mencetak angka atau skor dalam pertandingan. Kemudian untuk menguasai shooting, Anda harus memahami konsep B.E.E.F.

BEEF merupakan kependekan dari kata Balance, Eyes, Elbow, dan Follow Through. Konsep ini harus Anda perhatikan saat melakukan jenis tembakan apapun dalam permainan basket. Bagi Anda yang masih pemula, sebaiknya pelajari teknik shooting dengan sebaik mungkin.

Baca Juga :  Jenis Furniture Jati Jepara Modern Terbaik

3. Passing

Teknik dasar berikutnya adalah passing atau mengoper bola. Untuk melakukan latihan passing sebaiknya Anda melakukannya dengan rekan atau pelatih. Bagi Anda yang masih pemula, latihan ini termasuk cukup sulit dan membutuhkan latihan sebanyak mungkin.

Karena untuk melakukan passing, pastinya Anda harus memperkirakan jarak, pola gerakan dalam tim, mengatur tenaga yang harus dikeluarkan, dan memperkirakan akurasi operan agar tepat sasaran.

Perlu Anda ketahui, bounce pass dan chest pass adalah teknik passing paling dasar dalam bola basket. Maka dari itu, sebelum Anda mempelajari dan menguasai teknik passing yang lain, pastikan Anda memahami dan menguasai kedua teknik tersebut.

Chest pass adalah teknik dasar bola basket untuk melakukan operan, yaitu dengan memegang bola menggunakan kedua tangan dengan posisi di depan dada. Kemudian arahkan operan bola kepada rekan satu tim dengan cara mendorongnya.

Kemudian teknik Bounce Pass, teknik ini memang hampir sama dengan teknik chest pass. Hal ini dikarenakan dalam melakukan operannya masih sama, yaitu menggunakan kedua tangan. Namun yang membedakan adalah operan ini dilakukan dengan memantulkan bola ke lantai.

Selain itu, masih ada lagi teknik passing lainnya dalam permainan bola basket, diantaranya yaitu: baseball pass, back pass, dan overhead pass. Namun untuk bisa melakukan teknik-teknik passing tersebut, tentunya Anda harus melakukan latihan dengan rutin dan serius.

Setelah Anda menguasai beberapa teknik di atas, maka ada beberapa teknik lainnya yang harus dikuasai dalam permainan bola basket ini. Beberapa teknik dasar bola basket tersebut adalah defense, pivot dan rebound.